Tuesday, February 6, 2018

Penurunan Berat Badan Bisa Menular Pada Pasangan


Cara menurunkan berat badan
Penurunan berat badan bisa menular pada pasangan.


Saat berat badan pasangan turun, berat badan Anda juga ikut turun? Dan sebaliknya saat berat badan pasangan naik, berat badan Anda ikut naik? Nah, jangan heran, ternyata prilaku pasangan atau orang yang Anda cintai cenderung untuk Anda tiru.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, jika orang yang Anda cintai kehilangan berat badan beberapa kilogram, maka berat badan Anda juga cenderung menurun walau Anda tidak mengusahakannya.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal penelitian Obesity. Periset mencatat penurunan berat badan dari 130 pasangan selama periode enam bulan. Mereka menemukan ketika satu orang dalam sebuah kelompok memiliki komitmen untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, sekitar 1/3 dari peserta mengalami kehilangan berat badan 3% , walau tanpa intervensi.

Baca Juga : Mencium Kemeja Pasangan Kurangi Stres

Penulis utama dalam penelitian ini, Profesor Psikologi Perilaku Universitas Connecticut, Amy Gorin menyebut ini sebagai efek riak atau ripple effect. “Ketika seseorang mengubah tingkah lakunya, maka orang-orang disekitarnya juga ikut berubah,” kata Gorin.

“Baik pasien yang bekerjasama dengan lembaga layanan kesehatan, bergabung dengan komunitas yang menerapkan gaya hidup tertentu, atau mencoba menurunkan berat badan sendiri. Perilaku sehat yang dia terapkan bisa memberikan keuntungan bagi orang lain dalam kehidupannya, ” tuturnya.

Penelitian ini juga menunjukkan tingkat kehilangan berat badan pada pasangan cenderung sama. Jika seseorang mengalami turun berat badan beberapa kilo dengan kecepatan konstan, maka pasangannya juga mengalami hal yang sama.
Begitu juga dengan seseorang yang berjuang untuk langsing, maka pasangannya ikut menjadi langsing. “Perubahan kebiasaan makan dan olahraga kita bisa mempengaruhi orang lain dengan cara yang positif dan negatif,” kata Gorin.

Disisi positif, lanjutnya, seseorang mungkin meniru perilaku pasangannya dalam menghitung kalori makanan, lebih sering menimbang berat badan, dan mengonsumsi makanan randah lemak.

Para periset mengatakan, mereka akan melihat apakah efek riak ini bisa meluas ke anggota rumah tangga lain, untuk itu akan dilakukan penelitian lebih lanjut. (R)





Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis


EmoticonEmoticon