Thursday, January 11, 2018

Mencium Kemeja Pasangan Bisa Kurangi Stres

Mencium kemeja pasangan turunkan kortisol
Mencium kemeja pasangan dapat menurunkan
kadar hormor Kortisol atau menurunkan tingkat stres.
Seringkali, pasangan kita tidur sangat nyenyak ketika berada samping tubuh kita, atau tanpa sadar suka menggunakan kemeja kita saat kita sedang tidak berada disisinya. Kenapa prilaku aneh ini sering dilakukan pasangan kita?

Jangan khawatir, hasil penelitian terbaru menyatakan mencium aroma pasangan pada kemeja yang mereka pakai dapat menurunkan hormon stres atau hormon Kortisol. Hasil penelitian ini diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology pada 3 Januari lalu.

Para peneliti dari University of British Columbia merekrut 96 pasangan heteroseksual. Kemudian, para prianya diminta  untuk mengenakan kemeja bersih selama 24 jam tanpa menggunakan deodoran, parfum, serta tidak merokok atau mengonsumsi makanan tertentu yang dapat mempengaruhi aroma alami mereka.

Setelah itu, pakaian para pria yang sudah beroma dibekukan untuk menyimpan aroma yang tertinggal. Para wanita kemudian diminta untuk mencium tiga kemeja yang sudah menyimpan aroma laki-laki tersebut. Segera setelah itu, para wanita ini diwawancara tentang perasaan dan tingkat stres yang dirasakan, serta diambil sampel air liur untuk mengukur kadar hormon kortisol mereka.

Baca Juga : Berat Badan Bisa Turun Walau Makan Banyak?

Wanita yang mencium kemeja pasanganya melaporkan perasaan yang lebih tenang dan nyaman, dengan tingkat stres yang rendah. Bahkan, tingkat stres lebih rendah ditemukan pada wanita yang mencium kemeja pasangannya dan dia mengenali bahwa aroma pada kemeja tersebut adalah aroma pasangannya. Ini menunjukkan bahwa manfaat menghilangkan stres paling hebat bila seseorang mengenal apa yang mereka hirup.

Sebaliknya, wanita yang mencium kemeja laki-laki lain yang bukan pasangannya menyatakan tidak nyaman dan memiliki kadar hormon kortisol yang lebih tinggi.

Penulis Utama, Marlise Hofer yang juga mahasiswa PhD di Departemen Psikologi, menjelaskan wanita memiliki indra penciuman yang lebih baik secara alami dibandingkan pria.

"Dari usia muda, manusia takut pada orang asing, terutama pria aneh, jadi mungkin saja aroma laki-laki yang tidak biasa memicu respons "fight or flight " yang mengarah ke peningkatan kortisol," kata Hofer.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa mencium aroma pasangan ampuh mengurangi stres, walau tanpa kehadiran fisik. Ini menjawab misteri kenapa pasangan kita sering mencium baju kita, atau tidur disisi kita biasa tidur saat kita sedang pergi. Aroma tubuh kita saja bisa membuat pasangan tenang dan nyaman, apalagi dengan kehadiran kita.

(Sumber : thejakartapost.com, theinsidercarnews.com)

Blog ini tempat berbagi informasi dan inspirasi dari penulis

2 komentar

wah berarti jika stress nya tinggi ciumin kemeja terus saja ya hehehe, sampai hal begini saja mereka lakukan riset ya.. sungguh ilmiah banget

Hahaha, iya ya mas, ternyata ngilangin stress itu murah meriah, tinggal nyium kemeja pasangan... 😂


EmoticonEmoticon